Toyota Belum Tergoyahkan
Pasar mobil Indonesia di tahun 2009 silam mencapai angka 486.196 unit. Seluruh pabrikan mobil yang ada di pasar mobil Indonesia di tahun 2009 silam pun seluruhnya mengalami kontraksi yang berakibat pada menurunnya jumlah produksi mereka.
Hal tersebut ditenggarai sebagai akibat dari krisis finansial yang melanda dunia pada akhir tahun 2008 dan awal 2009 silam. Itu terbukti dari menurunnya seluruh penjualan wholesales atau penyaluran dari pabrik ke diler seluruh pabrikan mobil.
Meski begitu, Toyota masih memimpin pasar mobil kita dengan penjualan sebanyak 186.687 unit mobil, meskipun angka itu menurun dari penjualan tahun 2008 yang mencapai angka 211.909 unit.
Begitu pula dengan saudaranya, Daihatsu, yang masih berada di urutan kedua pabrikan mobil terlari di Indonesia pada tahun 2009 karena berhasil melepas 77.513 unit mobilnya kepasaran, turun dari 78.044 unit di tahun 2008.
Sementara Mitsubishi di tahun 2009 hanya mampu menjual 61.735 unit mobil, menurun dari hasil tahun 2008 yang mencapai 87.524 unit.
Sedangkan Suzuki harus puas dengan hasil penjualan sebanyak 44.689 unit mobil di tahun 2009, menurun dari tahun sebelumnya yang mencapai angka 73.066 unit. Begitu pula Honda yang di tahun 2008 silam mampu menyalurkan 52.500 unit mobilnya ke pasaran, di tahun 2009 hanya mampu melepas 39.570 unit saja.
Penurunan seluruh agen tunggal pemegang merek itu sebenarnya sudah diprediksi, penerimaan pasar mobil Indonesia pun di tahun 2009 silam berkurang dari total 607.800 unit menjadi hanya 486.196 unit saja.
Berikut angka penjualan wholesales pabrikan mobil Indonesia.
Merek | 2009 | 2008 |
Toyota | 189.687 | 211.909 |
Daihatsu | 77.513 | 78.044 |
Mitsubishi | 61.735 | 87.524 |
Suzuki | 44.689 | 73.066 |
Honda | 39.570 | 52.500 |
Nissan | 21.440 | 31.878 |
Isuzu | 15.236 | 25.325 |
Mazda | 1.542 | 2.241 |
Others | 37.784 | 45.313 |
Total | 486.196 | 607.800 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar