
Memanfaatkan momentum IIMS 2009, Fortuner meniagakan varian bertransmisi otomatis untuk versi dieselnya. Sebagai SUV kota, Fortuner diesel di Indonesia hanya disediakan dalam penggerak 4x2. Namun, karena berpenggerak roda belakang, maka Fortuner masih layak untuk dibawa ke medan off-road ringan atau melahap tanjakan-tanjakan curam di jalanan aspal luar kota.
Tak ada penyempurnaan pada mesin turbo D-4D berkode 2KD-FTV dan masih menjadi jantung pacu kepercayaan Fortuner diesel ini. Dari empat lubang ruang bakar berkapasitas 2.494 cc, mampu diledakkan tenaga 102 hp pada 3.600 rpm. Sedangkan torsinya mencapai 260 Nm pada 1.400-2.400 rpm.
Performa yang disodorkan Fortuner memang tak seberingas Pajero Sport (136 hp dan 314 Nm) ataupun Everest (143 hp dan 330 Nm) yang tergolong akseleratif di kelasnya. Namun, Fortuner diesel AT tak sungkan diajak mengembangkan kecepatan, terutama di kecepatan tinggi, setelah 100 kpj, mengingat perbandingan gigi transmisi pada gear empat menggunakan jumlah yang lebih kecil (0,705), sama dengan milik Toyota Kijang diesel. Sedangkan gear satu sampai tiga serupa dengan milik Fortuner bensin. Transmisi otomatis berfitur ECT (Electronic Controled Transmission) milik Fortuner memang bekerja cukup baik untuk melesat, dan kami tidak kesulitan menggerakkan jarum speedometer menuju angka 140 kpj di jalur bebas hambatan.
Di tengah kota, transmisi otomatis Fortuner terbilang cerdas dan tepat: mau diajak merayap, sekaligus menghentak bila diperlukan. Dengkuran dari balik kap Fortuner sangat memburu, seakan mengajak untuk menekan habis pedal gas. Suara mesin takkan banyak menginterupsi kabin saat pintu ditutup, redamannya terbilang cukup baik. Tubuh bongsornya juga tak menimbulkan suara angin yang terlalu bergemuruh saat melesat di jalan tol.
Fortuner diesel AT bisa menjadi salah satu pilihan tepat di kelasnya. Apalagi Fortuner membawa nama besar Toyota, sehingga masih menjadi pertimbangan konsumen untuk meminangnya. Resale value menjadi daya tarik Fortuner sebagai investasi bergerak.
Keunggulan
- Resale value
- Kualitas Kabin
- Tampilan
Kekurangan
- Performa
- Rem
Data & Fakta
Harga Rp 370,7 juta
Mesin D-4D, 2.494 cc, 16-katup, DOHC, turbo diesel
Tenaga 102 hp @ 3.600 rpm
Torsi 260 Nm @ 1.600-2.400 rpm
Transmisi Otomatis, 4-speed
Akselerasi 0 – 100 na
Konsumsi BBM na
Tidak ada komentar:
Posting Komentar