Wujud konsistensi Toyota dalam meningkatkan kualitas layanan terbaik kepada pelanggan
![]() |
Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto (kiri) berbincang-bincang dengan pemenang National After Sales Service Skill Contest (NASSC) 2010, Septianto (kategori general repair) (kanan). |
Jakarta (14/7) - Mewujudkan komitmennya untuk memberikan total customer ownership experience, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) secara kontinyu terus mengadakan pengembangan dan peningkatan kualitas tak hanya dari segi produk, namun juga pelayanan terhadap pelanggan. Sejalan dengan ini untuk memenuhi perkembangan teknologi kendaraan yang semakin berkembang, TAM kembali menggelar kontes nasional ketrampilan mekanik Toyota guna terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan.
TNASSC merupakan ajang untuk meningkatkan ketrampilan teknis sekaligus motivasi para teknisi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. TNASSC tahun ini mempertandingkan kategori General Repair (GR) Technician dan Foreman, peserta kontes nasional (20 orang) ini adalah pemenang Regional Skill Contest yang diadakan oleh 5 main dealer utama Toyota beberapa waktu lalu. Pada TNASSC ke-24 kali ini, pemenang pertama dari kategori GR adalah Septianto dan untuk kategori foreman adalah Endang Mulus, keduanya berasal dari Tunas Toyota Pasar Minggu.
“Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kinerja man-power untuk memenuhi kebutuhan tersebut harus terus ditingkatkan. Yang bertujuan untuk menjaga kualitas pelayanan purna jual kepada pelanggan” ujar Johnny Darmawan Presiden Direktur PT. Toyota-Astra Motor.
Toyota secara global mempunyai sistem yang terkait dengan kontes tersebut, diawali dengan program T-TEP yang merupakan sumber ketersediaan tenaga kerja bengkel yang handal. Selain itu, Toyota juga memberlakukan sistem training yang berjenjang dan bersertifikasi internasional.
![]() Contest bengkel Toyota | ![]() Skill Contest Awarding |
Septianto yang menjadi pemenang pertama pada Skill Contest tahun ini merupakan pemenang termuda dalam sejarah Skill Contest yang pernah diadakan oleh Toyota, selain itu dia juga merupakan lulusan dari sekolah binaan sub T-TEP. Bekal yang diperoleh dari sekolah binaan tersebut dapat menjadi kunci kemenangannya.
Toyota sebagai market leader di pasar otomotif ingin terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan. Namun di sisi lain pelanggan tidak hanya menginginkan pelayanan yang berkualitas tetapi juga menginginkan pengalaman yang berkesan selama memiliki kendaraan Toyota. Mulai dari repurchase dari kendaraan Toyota hingga merawat kendaraan tersebut di bengkel Toyota. Oleh sebab itu, peranan layanan purna jual menjadi sangat penting.
Jaringan bengkel resmi Toyota tersebar dari Banda Aceh hingga papua dengan jumlah total 178 bengkel resmi, dengan tenaga kerja di bidang purna jual sebanyak 5.190 orang. Dengan jaringan yang luas ini, pelanggan diberikan kemudahan dalam menemukan bengkel resmi Toyota.
“Pemenang kontes ini akan menjadi duta Indonesia untuk mewakili di ajang International Customer Service Champions Assembly yang diadakan di Jepang, hal ini sekaligus mengkalibrasi kualitas sumber daya manusia dengan standar Toyota global,” tutup Johnny Darmawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar