![]() |
“Beberapa waktu lalu saat pertemuan regional di Singapore, ada pembicaraan soal memanfaatkan media sosial untuk membantu konsumen mendapatkan pelayanan terbaik Toyota, lha kita sudah dua tahun melakukan itu, disana baru mulai,” katanya sambil tersenyum.
Toyota-Astra Motor sudah memanfaatkan teknologi informasi sejak 15 tahun lalu ketika situs Toyota.co.id pertamakali di luncurkan tahun 1996. Sejak saat itu situs ini menjadi andalan para pencari informasi Toyota. Pada tahun 2010 website Toyota Indonesia telah di akses lebih dari 51 juta halaman oleh lebih dari 2.6 juta orang.
Ketika ponsel semakin merakyat, Toyota-Astra Motor berinovasi dengan memperkenalkan layanan informasi mobile M-Toyota 898#. Layanan berbasis teks ini diperkenalkan 2007 dan langsung jadi favorit pelanggan dalam mencari informasi seputar Toyota. Hingga tahun 2010 layanan ini telah di akses lebih dari 10 juta pencari informasi. Generasi kedua yang diperkenalkan 2009, m.toyota.astra.co.id, sudah 533.000 halaman yang di akses.
Mengikuti perkembangan jaman, dimana pengguna smartphone tumbuh pesat dan cara konsumen mengakses internet juga berubah, Toyota memperkenalkan layanan baru M-Toyota Application ini. Berbeda dari rivalnya, aplikasi ini bersifat multi platform atau bisa di akses dengan menggunakan OS apa saja. Jadi bukan hanya pengguna BlackBerry -yang dominan di Indonesia-, yang bisa mengakses layana ini, tapi juga pengguna Android, iPhone maupun iPad.
Berbeda dengan layanan generasi pertama yang berbasis teks, teknologi baru lebih memudahkan dan lebih menyenangkan. Contohnya: bila perjalanan pengguna Toyota menghadapi masalah di jalan, dia langsung bisa menghubungi dealer Toyota terdekat. Kemampuan ini berkah kerja Location Bases System. Sistem ini secara otomatis mengirimkan lokasi si pengguna sehingga informasi yang diberikan pada disesuaikan dengan lokasinya itu. Bukan cuma bengkel terdekat tapi juga ATM, SPBU hingga rest area. Sistem ini terkoneksi dengan peta yang terdapat di gadget sehingga pelanggan dipandu langsung menuju lokasi dengan jarak terdekat. Dengan database lebih dari 200 jaringa Toyota di seluruh Nusantara dan juga tak kurang dari 40,000 informasi lokasi penting dan masih ditambah layanan nomer-nomer penting (fitur Emergency), M-Toyota jadi teman yang bisa dihandalkan.
Fitur lain yang menarik adalah integrasi dengan social media network seperti twitter dan facebook. Pengguna dapat berbagi informasi dan opini termasuk kondisi lalulintas melalui aplikasi M-Toyota ini.
Fitur-fitur lain adalah: Toyota Update yang berisi informasi terkini mengenai Toyota. Product info lengkap tentang produk Toyota yang dijual di Indonesia termasuk spesifikasi, hingga asesoris. Dealer/Workshop membantu menemukan dealer terdekat plus data nomer telepon dan peta. Simulator yang berisi simulator layanan kredit mobil dari Toyota Astra Financial Services serta asuransi dari Toyota Insurance. Fitur Services informasi mengenai purna jual serta Service Remainder untuk kendaraan Toyota anda. Community informasi seputar kegiatan komunitas Toyota, kondisi lalulintas dan petunjuk lokasi penting seperti ATM, SPBU dan Rest Area. Emergency berisi daftar nomer telepon polisi, RS dan nomor darurat lainnya. Price list berisi daftar harga produk Toyota.
“Ini merupakan bagian dari upaya memberikan The Best Total Customer Ownership Experience,” kata Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota-Astra Motor saat meluncurkan layanan ini.
Jika berminat, anda sudah bisa mendownload -free- dari Apple App Store, Android Market dan Blackberry App World.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar